Senin, 04 Mei 2009

tips memperbaiki komputer

Kebanyakan dari pengguna komputer PC tidak terlalu mengetahui soal hardware, padahal jika PC kita mendadak error alias ga mau nyala pengetahuan tentang hardware sangat membantu supaya bisa menganalisa kerusakan PC kita. Sebenarnya sih ga usah pengetahuan yang rumit - rumit, sekedar kita tau yang mana namanya memory (RAM), video card (VGA), baterei CMOS, Processor, Mainboard, dan Power suply. Dari mengenal hardware - hardware itu setidaknya kita bisa menganalisa kecil - kecilan kerusakan pada PC kita sebelum harus dibawa ke toko komputer terdekat.

Kerusakan pada PC umumnya ada dua macam yaitu yang mati total ga ada power sama sekali masuk ke mainboard atau ada power yang masuk tapi CPU tidak muncul tampilan di monitor sejak awal power hidup. Untuk kerusakan yang mati total bisa disimpulkan kerusakan pada Mainboard, Processor, atau Power suply. sedangkan untuk kerusakan yang kedua bisa diambil kesimpulan sementara memory (RAM), video card (VGA), dan mainboard kotor, bisa juga Power suply, baterei CMOS sudah lemah, atau Processor tidak terpasang dengan benar.

Lakukan pengecekan awal terlebih dahulu pada kabel power CPU untuk memastikan ga ada masalah pada kabel power. sering juga terjadi PCnya ga mau nyala hanya karena kabel powernya udah rusak. Caranya dengan menukarkan kabel power Monitor ke CPU atau pun sebaliknya. Kemudian pastikan Monitor anda tidak rusak.

Setelah kabel power dan monitor ga ada masalah, buka tutup casing CPU yang samping kanan, paling aman sih CPUnya ditidurin jangan diberdirikan maksudnya supaya lebih nyaman buat ngelepas - lepas hardwarenya (catatan komputer harus dalam keadaan mati kalo ga hati - hati kesetrum Laughing). Kita mulai menganalisa hardware PC kita untuk kemungkinan kedua terlebih dahulu yaitu perkiraan hanya kerusakan ringan (hardwarenya kotor).

* Lakukan pengecekan pada memory (RAM), lepaskan memory dari slot memory di mainboard dengan melebarkan pengapit pada kedua ujung memory. Setelah berhasil melepaskan memory kemudian dibersihkan dengan menggunakan penghapus pensil. bagian yang dibersihkan adalah dua sisi kuningan pada bagian bawah memory. Setelah yakin telah membersihkan memory pasangkan kembali memory dan tes menyalakan PC anda.
* Kalau masih tidak nyala selanjutnya lakukan pengecekan pada video card (VGA), lepaskan VGA dari slotnya di mainboard. setelah berhasil melepaskan lakukan hal yang sama saat membersihkan memory (RAM). Setelah selesai masukkan kembali VGA ke slotnya dan lakukan tes nyala pada PC anda.
* Tetap ga nyala juga yah, jangan panik hehe. lakukan pengecekan pada Baterei CMOS mainboard. Bentuknya seperti baterei kalkulator. Khusus untuk baterei CMOS ini jika PC anda masih bergaransi hati - hati dalam mencopotnya dari tempat baterei karena biasanya diatas baterei dipasang stiker garansi. Fungsi dari melepaskan baterei CMOS ini untuk mereset setingan pada Bios. Kebanyakan pada komputer - komputer yang sudah lama kerusakan PC mati biasaya hanya karena baterei CMOSnya sudah lemah. Setelah berhasil melepaskan baterei CMOS biarkan sekitar 1 - 3 menit kemudian dipasang kembali batereinya. Lakukan pemasangan kembali dan tes nyalakan PC anda.
* Tetap ga nyala juga yah.., mulai rada panik nih Laughing. Langkah terakhir ini lepaskan memory (RAM) dan video card (VGA), kemudian lakukan pembersihan pada mainboard dengan kuas kecil, setelah dirasa cukup bersih pasangkan kembali memory (RAM) dan video card (VGA). Cek kipas Processor apakah terpasang dengan benar (tidak longgar). Setelah itu tes nyalakan PC anda.

Setelah melakukan analisa diatas dengan benar dan setidaknya diulangi sampai 2 kali dan PC anda tetap tidak menyala juga, selanjutnya kita akan mengalanisa dengan kemungkinan ada hardware yang memang sudah mati atau sudah rusak. untuk hal ini sebenarnya gampang - gampang susah karena kita seperti merakit ulang PC dan membutuhkan hardware pembanding yang diketahui hardware itu normal dan setipe dengan hardware PC anda.

* Power suply, tukar power suply PC anda dengan power suply milik teman untuk dites nyala PC anda.
* Memory (RAM), tukar memory (RAM) PC anda dengan memory (RAM) milik teman yang setipe slotnya dengan slot memory PC anda. ex : DDR1, DDR2, SDRAM, RDRAM, dll. perhatikan tipe slot memory anda.
* Video card (VGA), tukar video card (VGA) anda dengan video card (VGA) milik teman yang setipe slotnya. ex : PCI Express, AGP, dll. perhatikan tipe slot video card (VGA) anda.
* Setelah di tukar - tukar 3 hardware diatas dengan benar tetap PC anda masih mati kemungkinan besarnya tinggal 2 yaitu Processor dan Mainboard. untuk ini mungkin sebaiknya dibawah aja ke toko komputer terdekat daripada repot - repot lebih jauh lagi. Laughing

Untuk menganalisa hardware biasanya toko komputer yang menyediakan servis hardware mempunyai alat yang dipasang pada PCI slot untuk mendeteksi langsung hardware yang mengalami error. Alat ini menampilkan angka - angka yang mewakili hardware pada CPU. Ada juga yang memakai cara konvensional dengan mendeteksi melalui suara speaker mainboard.

Tujuan dari tips ini agar kita dalam menggunakan komputer tidak hanya sekedar memakai saja tapi juga bisa mengenal sedikit tentang komputer kita. Lebih menghemat biaya dan waktu kita (jika kerusakan yang terjadi hanya kerusakan kecil (hardwarenya kotor)). Dan tentunya untuk menambah pengetahuan soal komputer hardware.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar